Smile Dimasa Depan Peralatan Rumah Tangga Juga Bakal Menggunakan Android?


Demam Android yah bisa dibilang begitu, sepertinya sudah dirasakan semua orang baik dari kalangan bawah, menengah ataupun atas. Android juga sudah menjadi suatu trademark OS yang paling banyak digunakan saat ini pada alat komunikasi maupun gadget belakangan ini. Handphone, tablet semuanya sudah mulai memakai OS Android karena dinilai lebih fleksibel dan memudahkan kegiatan kita (Namanya juga android atau robot pintar). Well, ternyata ide untuk menggunakan Android pada gadget dan alat komunikasi dirasa belum cukup puas nih sob. Pasalnya para peneliti teknologi sedang berusaha untuk mengembangkan sistem Android agar nanti bisa digunakan ke peralatan rumah tanggal loh!

Click here to see a large version

Para peneliti Google saat ini sedang mengembangkan Android agar bisa nantinya bisa digunakan pada peralatan rumah tangga seperti Rice Cooker, Kulkas pendingin, AC, dll. Seperti contohnya yang saat ini sedang Google kembangkan yaitu Android untuk penanak nasi atau akrab kita sebut Rice Cooker. Nantinya dimasa mendatang, penanak nasi akan dilengkapi dengan layar sentuh dan berbagai macam widgets layaknya smartphone loh sob. Selain itu nantinya Rice cooker dengan menggunakan Android bisa mengupdate fungsi masaknya loh seperti ada timer, tingkat kematangan, dll. Wih keren sekali bukan? Bayangkan jika nanti kita bisa menggunakan Rice Cooker tersebut? Pastinya bakalan memudahkan pekerjaan kita bukan?

Selain Rice Cooker, Google rencananya juga akan mengembangkan Android untuk peralatan rumah tanggal lainnya nih sob dimana semua peralatan tersebut adalah alat yang sering kita gunakan setiap kali melakukan aktivitas rumah tangga. Mesin Cuci, AC, Kulkas semua akan menggunakan Android dan akan menjadi Smart Electronic dimasa mendatang. Wah cannggih sekali bukan? Google juga menambahkan sob, jika semua alat nantinya sudah menggunakan Android, secara otomatis mereka juga akan melakukan pertukaran data dan pengumpulan informasi kepada alat rumah tangga lainnya. Kegiatan ini nantinya berfungsi untuk memenuhi semua kebutuhan yang diinginkan oleh pemilik dari peralatan tersebut.




Selain fungsinya yang otomatis nih sob, lebih canggih lagi peralatan yang menggunakan Android pastinya akan menjadi lebih pintar layaknya mempunyai pikiran. Kegiatannya yang tadi bisa bertukar data juga nantinya berfungsi untuk alat tersebut agar bisa mendeteksi jika ada kerusakan dalam mesinnya. Contohnya jika sebuah mesin cuci mendeteksi kerusakan yang terjadi di dalamnya, maka mesin cuci tersebut akan mengirimkan sinyal melalui layar televisi sehingga kita dapat mengetahui sistem apa yang rusak. Mantap sekali kan? Menurut prediksi International Data Corporation, diperkirakan penggunaan alat-alat yang saling terhubung tersebut mampu menarik pendapatan hingga USD 2 triliun pada 2015 mendatang. LG sendiri sebagai prerusahaan teknologi terbesar sebenarnya sudah selangkah lebih maju dalam membaca potensi ini loh sob.

Contohnya pada CES 2013 lalu, LG memperkenalkan Smart ThinQ Refrigerator dan SmartOven yang bisa saling terhubung satu sama lain. Langkah ini juga sudah diikuti oleh Panasonic. Di Jepang, Panasonic melengkapi microwave dan rice cooker buatan mereka dengan sistem komputasi berbasis Cloud! Dengan Cloud ini, pengguna sekarang bisa mengakses resep masakan dan cara penggunaan alat rumah tangga tersebut. Jadi tidak perlu repot dan bingung lagi mau memasak apa. Wah canggih kan?




Well melihat sudah adanya alat tersebut biarpun baru beberapa, sepertinya harapan kita untuk menggunakan alat-alat rumah tangga yang pintar tinggal menghitung bulan saja nih sob. Pastinya dengan semakin berkembangnya teknologi dan jaman dan juga kebutuhan masyarakat, alat-alat rumah tangga pintar ini bisa segera kita rasakan. Can you feel the atmosphere of android guys?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transformasi Data dalam Tahapan Data Mining

Contoh Hewan Herbivora | Gambar Binatang Herbivora

Tata Cara Sholat Dhuha yang Benar