Sensor untuk deteksi polusi secara nyata


Ilmuwan kembangkan sensor untuk deteksi polusi secara nyata
Ilmuwan dari University of California, San Diego (USCD) berhasil mengembangkan satu sensor yang dapat dipasang di dalam smartphone untuk mendeteksi polusi udara secara real-time.

Selain dapat memonitori polusi udara sekitar, sensor ini juga mampu mendeteksi kualitas udara di saat yang bersamaan. Para pengembang mengatakan bahwa dengan diciptakannya sensor tersebut nantinya dapat membantu orang-orang yang menderita penyakit kronis dan alergi terhadap polusi.

Sensor yang diberi nama CitiSense ini juga dapat diaplikasikan di sebuah PC. Banyak jenis udara berbahaya yang dapat dideteksi oleh CitiSense ini, seperti Karbon monoksida, Nitrogen dioksida atau ozon.

data yang dikumpulkan secara langsung akan diolah dan ditampilkan dalam beberapa kode warna berbeda. Kode warna ini bukan dengan asal membuatnya, melainkan berdasarkan Environment Protection Agency (EPA).

Para ilmuwan meminta bantuan 30 orang sukarelawan dan mengujinya selama 4 minggu. Banyak sukarelawan yang mengatakan bahwa sensor tersebut sangat bagus. Mereka menjadi tahu jenis-jenis udara di sekitar mereka.

Ilmuwan-ilmuwan tersebut percaya bahwa penelitian mereka tersebut akan sangat berguna dan digunakan di banyak perangkat smartphone di masa mendatang. Hal tersebut juga hampir sama dengan apa yang pernah dijabarkan oleh IBM beberapa waktu lalu.

Sayangnya, para pengembang tersebut tidak menjelaskan bagaimana pengumpulan data yang tak terlihat tersebut. Apakah mereka sudah melengkapi sensor tersebut dengan teknologi penciuman?
(duniapengetahuan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transformasi Data dalam Tahapan Data Mining

Contoh Hewan Herbivora | Gambar Binatang Herbivora

Tata Cara Sholat Dhuha yang Benar